Jumat, 12 Agustus 2011

Penyembah Yang Benar


23  Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
24  Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."  (Yohanes 4)


Bagaimana menyembah Allah dengan benar?
Pertanyaan itu banyak kali diajukan, dan hati ini rindu untuk menyenangkan hati Allah, tapi bingung bagaimana caranya.

YESUS menjawab kerinduan hati kita dengan menunjukkan caranya. Dan saya bahagia untuk membaginya dengan anda saat ini.

Point penting disini adalah Allah tidak mencari penyembahan tetapi IA mencari Penyembah. Bukan ”sesuatu” tetapi ”seorang”. Dan bukan hanya penyembah yang IA inginkan. Tetapi Penyembah Yang Benar!

Apakah itu? Apa maksudNYA ?
Marilah kita melihatnya tahap demi tahap :

Penyembah berarti orang yang menyembah. Ia inginkan manusia menyembahNYA dengan kerelaan hati. Dengan keinginannya yang murni dan tulus. Tanpa paksaan atau rutinitas. Bahkan dengan hati yang mengasihi dan merindukanNYA karena sadar penuh bahwa IA layak untuk itu bahkan sangat berharga untuk disembah.

Penyembah berarti pribadi yang IA cari. Seluruh keberadaan kita, bukan hanya roh, jiwa dan tubuh, tapi dengan seluruh kesadaran, dengan setiap bagian dari keberadaan kita dari terdalam sampai luar diangkat kepadaNYA. Dengan setiap detak jantung, tarikan dan hembusan nafas kita, dengan segenap pengertian, kehendak, penglihatan, pendengaran kita, bahasa, dan perkataan lidah, dengan segenap gairah, hasrat, emosi, dan dengan segenap kekuatan dan kemampuan kita, semuanya, semuanya, diarahkan, difokuskan kepada PribadiNYA yang agung, besar, mulia, ajaib, penuh kasih, dahsyat, dan tak terkatakan, Semuanya di dalam semua berasal dari DIA, oleh DiA, dan bagi DIA.

Ada banyak orang berfikir dan terpola bahwa menyembah itu menyanyikan lagu bagi Tuhan. Atau menyembah itu berlutut dan sujud di lantai dengan muka sampai ke tanah. Apakah itu Penyembah yang Benar yang IA inginkan?

Mengenai cara dan teknisnya tidak dibahas oleh YESUS. Dan itu berarti jelas, IA tidak memusingkan dengan penampilan yang ada di luar. Yang diluar seharusnya mengikuti atau hanya ekspresi dari yang di dalam. Tulus, apa adanya. IA membenci kefasikan dan kemunafikan.

Ada banyak orang yang menyanyikan lagu untuk Tuhan di gereja dan bahkan sujud berlutut dilantai gereja yang dingin, namun hati dan pikirannya tidak sepenuhnya terfokus kepada Allah. IA tidak menginginkan hal itu. Oleh sebab itulah YESUS hanya memberi petunjuk Penyembah yang benar adalah Menyembah BAPA dalam roh dan kebenaran.
Mengapa ?
Karena Bapa, Allah, itu ROH, jadi yang mau menyembahNYA harus menyembahNYA dalam roh dan kebenaran.

Menyembah dalam daging (lawan dari roh) jelas tidak diinginkan oleh BAPA. Jadi bukanlah penampilan fisik yang ia inginkan tapi dari roh dari hatimu. Dengan segenap jiwa dan batinmu. Itulah rohmu (ibrani: Ruach = roh/nafas).

Dan bukan dalam ketidakbenaran tapi dalam kebenaran. Maksudnya si penyembah itu harus benar atau hidup dalam kebenaran. Bagaimana caranya ?
FirmanMU adalah kebenaran (Yohanes 17:17)
Hiduplah menurut Firman Tuhan.

Ada banyak orang merasa dan menganggap dirinya benar. Tapi apakah ia juga benar di mata Allah? Belum tentu. Satu-satunya yang menjamin kita benar dihadapan Allah adalah Allah sendiri melalui FirmanNYA (=Yesus Kristus). Hanya di dalam YESUS kita dibenarkan dihadapan Allah. Karena itu tinggallah didalam YESUS, dan YESUS didalammu.

Rasul Paulus menerjemahkannya sebagai hidup yang dipersembahkan kepada Allah :
Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. (Roma 1:12)

Allah justru merasa jemu dengan  orang yang hidup tidak benar tapi datang menyembah DIA :
11  "Untuk apa itu korbanmu yang banyak-banyak?" firman TUHAN; "Aku sudah jemu akan korban-korban bakaran berupa domba jantan dan akan lemak dari anak lembu gemukan; darah lembu jantan dan domba-domba dan kambing jantan tidak Kusukai.
12  Apabila kamu datang untuk menghadap di hadirat-Ku, siapakah yang menuntut itu dari padamu, bahwa kamu menginjak-injak pelataran Bait Suci-Ku?
13  Jangan lagi membawa persembahanmu yang tidak sungguh, sebab baunya adalah kejijikan bagi-Ku. Kalau kamu merayakan bulan baru dan sabat atau mengadakan pertemuan-pertemuan, Aku tidak tahan melihatnya, karena perayaanmu itu penuh kejahatan.
14  Perayaan-perayaan bulan barumu dan pertemuan-pertemuanmu yang tetap, Aku benci melihatnya; semuanya itu menjadi beban bagi-Ku, Aku telah payah menanggungnya.
15  Apabila kamu menadahkan tanganmu untuk berdoa, Aku akan memalingkan muka-Ku, bahkan sekalipun kamu berkali-kali berdoa, Aku tidak akan mendengarkannya, sebab tanganmu penuh dengan darah.
16  Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku. Berhentilah berbuat jahat, (Yesaya 1)

Itulah yang dimaksudkan YESUS dengan menyembah dalam roh dan kebenaran.
1. Dengan seluruh keberadaanmu engkau angkat seluruh kasih, perhatian, pengagungan, pengaguman, penghormatan, penundukan diri, semuanya kepadaNYA. Beri DIA segala puji-pujian, kemuliaan, kebesaran, hormat, kekudusan, kesetiaan, cinta kasih, kemesraan, kejayaan, kekuatan dengan semua yang terbaik yang engkau punya.
2. Hiduplah benar didalam FirmanNYA. Hidup dalam kasih kepada Allah dan sesame setiap waktu. Rajin berbuat baik dan membantu. DAlam kerendahan hati dan ucapan syukur. Dalam kelemahlembutan dan penguasaan diri selalu.

Tuhan memberkati. Saudara/i


Dulu aku mengira aku memiliki Roh Kudus, tetapi sekarang aku tahu Roh Kudus lah yang memiliki aku sepenuhnya.

Dulu saya menyangka saya telah menguasai Firman, tetapi sekarang saya sadar, Firman itu semakin menguasai saya!
Sebelumnya saya mengira saya harus menghidupi firman itu dan mengimaninya. Tetapi sekarang saya sudah mengerti bahwa Firman itulah yang membuat saya hidup dan memberi iman kepada saya.

Ada banyak orang mengubah firman karena perasaan dan kondisi hidup. Tetapi Firman itulah yang sesungguhnya mengubah perasaan, pikiran dan kenyataan hidup sekelilingku. Karena Firman Allah adalah kenyataan yang sejati dan sesungguhnya. Firman itu kuat dan hidup!

Dulu saya  merasa saya hidup untuk Tuhan Yesus dan ingin melakukan segala sesuatu bagi DIA, tetapi hari ini aku tahu, Tuhan YESUS lah yang hidup di dalam saya dan IA lah yang mengerjakan di dalam saya segala pekerjaanNYA sesuai dengan kerelaanNYA dan KuasaNYA yang bekerja kuat di dalam aku.

Dahulu saya menyangka saya bisa berdoa, ternyata saya salah! Sekarang saya sadar Roh lah yang berdoa untuk saya dan melalui saya.

Dulu saya selalu berfikir saya bisa datang kepada Tuhan kapan pun, saya bisa menyembahNYA dan melakukan kehendakNYA. Tetapi saat ini saya mengerti, Tuhanlah yang telah datang kepada saya lebih dahulu dan menginginkan saya lebih dahulu, sehingga IA menaruh kerinduan itu dalam diri saya. IA memenuhi hati saya dengan cinta, dan penyembahan bagiNYA.

Sehingga semakin saya berserah kepadaNYA, semakin saya dipenuhi olehNYA.

Karena :
Segala sesuatu adalah dari DIA, oleh/melalui DIA, dan bagi DIA (roma 11:36)

Segala sesuatu yang dari diri kita sendiri adalah daging dan akan berhenti / mati. Tapi, segala sesuatu yang dari Allah, akan hidup dan bertahan sampai selama-lamanya. Sebab semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia (1 yoh 5:4)

Sekarang saya tidak lagi berjuang untuk Allah, karena saya tahu keterbatasan dan kelemahan manusiawi saya. Dan saya tahu yang Allah inginkan adalah aku menyerahkan segalanya kepadaNYA dan mengizinkan DIA mengambil alih dan menguasai diriku sepenuhnya. DIA ingin memenuhi aku dengan segala kepenuhanNYA. DIA ingin menyatakan kasih dan kuasaNYA dalam hidupku.

Yang IA butuhkan adalah bejana yang mau dan rela dibentuk, dihancurkan, diremukkan, agar aku semakin berkurang dan habis, YESUS semakin bertambah – tambah dan menjadi nyata.

Sebab bukan aku pembela Allah, tetapi Allah lah yang menjadi pembela bagiku, perisai hidupku, gunung batu keselamatanku, kekuatan, harapan, kepercayaanku. DIA yang membenarkan aku, menguduskan aku, dan mengangkat aku.

Dahulu aku selalu berusaha menjaga diriku dan menjaga HadiratNYa dalam hidupku. Aku begitu berjuang supaya jangan berdosa dan berusaha melawan daya seret dunia ini. Tapi aku terus menerus gagal dan jatuh. Aku sedih dan putus asa karena terus menerus mendukakanNYA dan membuat aku jauh dariNYA. Aku ingin dekat padaNYA tapi aku tak berdaya dan terseret dunia dan daging.

Hingga suatu saat Tuhan memberi aku pengertian dan membukakan wahyu bagiku, bahwa aku tak berkuasa menyelamatkan hidupku, dan tak berkuasa menjaga diriku, apalagi menjaga dan menyelamatkan orang lain. Tapi Tuhan
Lah yang menjagaku dan memegang aku , IA  yang kuat untuk menyelamatkan. Dan IA setia.

Aku bertanya : bagaimanakah caranya? Oh, Tuhan tunjukkan padaku caranya...

Percaya saja, terimalah DIA, serahkan segala sesuatunya padaNYA. Izinkan DIA masuk dan mengambil alih lebih banyak. Biarkan DIA bertahta di tempat tertinggi dalam pikiran dan hatimu, Oh, saudaraku..inginkan hal itu secara mendalam. Dengan segenap hati dan pikiran, dengan seluruh jiwa dan keberadaanmu supaya YESUS memerintah dalam hidupmu.

Rindukan kekudusan, kemurnian hati, ketulusan, RohNYA lebih dalam.
Apa yang anda rindukan, kesitu anda akan ditarik, apa yang anda cari dengan kesungguhan itu yang akan anda dapatkan. Memikirkan YESUS berarti mengisi pikiranmu dengan YESUS. Menginginkan YESUS berarti mengisi hatimu dengan YESUS. Adakah hal lain yang engkau inginkan?

Daud berkata : tiada yang kuingini di bumi ini selain Engkau ! (mzm 73:25)

Percayalah pada FirmanNYA, pada perkataanNYA, pada janjiNYA. DIA yang berkata : mintalah maka kamu akan menerima. Maka jika anda menginginkan hal itu, mintalah saudaraku, maka seperti perkataanNYA tetap teguh di Sorga, demikianlah itu yang akan terjadi.

Sebab jika kamu meminta sesuai kehendakNYA, IA pasti mengabulkannya.(1yoh5:14)

Sekarang aku tahu, Ialah yang menyelamatkan aku, menjaga aku, menopang aku, dan melindungi aku dari segala kejatuhan, dari segala yang jahat. Apabila YESUS memerintah dalam aku, maka dosa dan maut dihancurkan. Sebab di dalam DIA tidak ada dosa. Segala kegelapan harus menyingkir. Sebab di dalam DIA ada terang!

Kebenaran harus berkuasa di dalam aku, karena Tuhan jauh lebih kuat dari padaku. Lebih kuat dan besar dari dunia ini dan dari pada iblis. Kejahatan harus takluk di dalam nama YESUS.

Apakah sekali selamat aku tetap selamat? Teruslah percaya pada YESUS maka kita ada dalam keselamatan itu. Dimanakah kemenangan itu? Mengapa banyak yang berada dalam kekalahan? Teruslah percaya dalam YESUS maka selama itu juga kita berada dalam kemenanganNYA.

Ketika anda berpaling dari YESUS , anda berada di luar keselamatan dan kemenangan. Hanya di dalam DIA juga berkat dan kelimpahan ada. Di luar dia tidak ada kehidupan apapun. Sebab Allah telah mengaruniakan segala sesuatunya kepada kita di dalam Kristus (Efesus 1:11) . Dan di dalam DIA lah , hanya di dalam Kristus saja, kita menerima segala janji Allah. (2 kor 1:20)

Aku percaya ! aku percaya ! Aku percaya padaNYA !!!

Amin! Amin ! Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar